PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 63 KOTA JAMBI

Linda Dewi Astuti Wulandari, TPG161910 and Idris, Ilyas and Mukminin, Amirul (2020) PERAN GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 63 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (peran guru daalam pemanfaatan media animasi pada pembelajaran tematik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 63 Kota Jambi)
Linda Dewi Astuti Wulandari.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran guru dalam pemanfaatan media animasi pada pembelajaran tematik. Sebelum guru kelas VI SDN 63 memanfaatkan media animasi hanya 40% siswa yang aktif karena kurangnya varian guru dalam menyampaikan materi, setelah menggunakan media animasi 95% siswa aktif dalam penggunaan media animasi ini karena hampir semua siswa mengeluarkan pendapatnya serta bertanya-tanya mengenai materi yang di tampilkan melalui media animasi. Untuk mencapai tujuannya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan menggambarkan data-data yang ada untuk kenyataan yang sesuai dengan keadaan di lapangan, pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat di sampaikan bahwasannya : (1) pelaksanaan pemanfaatan media animasi guru kelas VI terlebih dahulu membuat RPP, memperhatikan tujuan pembelajaran,, mengenal karakteristik siswa dan guru perlu mengetahui karakteristik dari media animasi. Sedangkan dalam pelaksanaannya guru kelas VI memanfaatkan media animasi sebagai sarana penunjang pembelajaran tematik. (2) dengan adanya media animasi siswa merasa senang, bisa menerima materi dengan baik, pembelajaran menjadi lebih menarik, serta hasil menjadi lebih baik. (3) kendala guru dalam pemanfaatan media animasi ialah sarana dan prasana yang belum mendukung seperti tidak adanya proyektor di dalam kelas dan kurangnya keahlian guru dalam mengoperasikan komputer sehingga guru merasa kesulitan dalam membuat ataupun mencari animasi dengan tampilan yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: peran guru , media animasi , tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:33
Last Modified: 23 Jun 2020 03:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item