UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN BANTUAN MEDIA PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA SMP PGRI 2 BRONI KECEMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI

Nurhikmah, TF 161168 and Rosadi, Kemas Imron and Sulman, Fauzan (2020) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN BANTUAN MEDIA PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA SMP PGRI 2 BRONI KECEMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN BANTUAN MEDIA PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA SMP PGRI 2 BRONI KECEMATAN DANAU SIPIN KOTA JAMBI)
TF.161168_NURHIKMAH_TADRIS FISIKA.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran Think Pair And Share pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Fisika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar disekolah SMP PGRI 2 BRONI kecematan danau sipin kota jambi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model think pair and share dengan bantuan media peta konsep pada pembelajaran fisika, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model think pair and share dengan bantuan media peta konsep pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan selama II siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dan siklus II sudah baik dalam mengelola pembelajaran melalui model pembelajaran think pair and share, guru sudah mengajar dengan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran think pair and share. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata presentase aktivitas siswa dari seluruh indikator sebesar 71,59% dalam kategori aktif. Kendala penelitian pada siklus I ada beberapa persoalan pertama, siswa kurang percaya diri untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan pada saat guru menambah materi yang belum di sampaikan siswa pada saat presentasi, siswa mulai tidak memperhatikan karena siswa merasa sudah tidak perlu penjelasan kembali tentang materi pelajaran karena sudah melakukan diskusi dan mengemukakan hasil diskusinya, untuk mengatasi kendala tersebut guru melakukan perbaikan-perbaikan pada hal: guru memperbaiki keterampilan dalam mengelola kelas, guru memberi dorongan agar siswa memiliki rasa percaya diri untuk presentasi, guru meningkatkan kemampuan dalam penguasaan materi. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa dari seluruh indikator meningkat menjadi 89,09% dalam kategori aktif sekali. hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 65%, meningkat pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 17 siswa atau sebesar 85%. Kata kunci : model pembelajaran think pair and share, aktivitas, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model pembelajaran think pair and share, aktivitas, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:13
Last Modified: 22 Jun 2020 03:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item