استراتجية التعلم القراءة (Denan Empaty Outline) فى تحسين اهتمام الطلاب بالمدرسة الثانوية جوفي جامبي

Devri Yeni, TA 161655 and Prihartini, Yogia and Fuadi, Afif (2020) استراتجية التعلم القراءة (Denan Empaty Outline) فى تحسين اهتمام الطلاب بالمدرسة الثانوية جوفي جامبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (استراتجية التعلم القراءة (Denan Empaty Outline) فى تحسين اهتمام الطلاب بالمدرسة الثانوية جوفي جامبي)
ا استراجية التعلم القبراءة (Denan Empaty Outline) فى تحسين اهتمام الطلاب بالمدرسة الثانوية جوفي جامبيTA 161655.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh beberapa kelas yang sering kali tidak minat dalam pembelajaran bahasa arab padahal guru sudah memberikan berbagai strategi untuk proses pembelajaran. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru bahasa arab untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTs Guppi Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: siswa kelas VII dan Guru Mata Pelajaran bahasa arab, Kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Kota Jambi. Data sekunder yaitu: ibu yulianis di MTs Guppi Kota Jambi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa arab dapat dikatakan berhasil karena setelah dicoba dengan himbauan, teguran, sanksi, serta perubahan jadwal mata pelajaran dan diadakan jam tambahan dipagi hari untuk mengaji ternyata minat siswa sangatlah bagus dan terbukti banyaknya siswa yang mulai rajin dan aktif belajar pada mata pelajaran bahasa arab disekolah Adapun yang menjadi kendala adalah siswa cenderung lambat memasuki kelas karena jam istirahat berdekatan dengan jam jam masuk, siswa sulit diatur kemudian siswa masih ada yang belum bisa membaca al-quran atau bahasa arab, siswa masih banyak ada yang tidak membawa buku mata pelajaran. Solusinya adalah siswa belum bisa membaca al-quran ini mengakibatkan siswa sulit membaca teks bahasa arab, upaya guru mengatasinya berharap ada jam tambahan dipagi hari khusus mengaji atau ketika jam belajar berlangsung siswa yang memiliki kemampuan untuk membaca duduk disebelah siswa yang belum bisa membaca teks bahasa arab. Dan untuk siswa yng tidak membawa buku cara mengatasinya dengan memberi sanksi mengerjakan tugas dari materi yang sedang berlangsung kemudian mengatasinya masalah yang ada dengan melakukan kerjasama yang baik antar guru dan kepala sekolah di MTs Guppi Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: strategi denan empaty outline, minat belajar bahasa arab
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:37
Last Modified: 15 Jul 2020 02:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item