Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Muaro Jambi

Rahma Yati, TB161081 and Badariah, Badariah and Nofriadi, Nanang (2020) Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Screamble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Muaro Jambi)
SKRIPSI RAhma Yati Biologi 8E(BENAR)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan Model Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 28 orang . Penelitian ini di lakukan selama 6 kali pertemuan terdiri dari 2 kali menerapakan model dan 1 eveluasi. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan soal tes, hasil penelitian menunjukka bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan mulai dari 62,32 (pra siklus) , menjadi 68,92 pada siklus pertama (siklus I) dan meningkat lagi menjadi 79, 46 pada siklus kedua (siklus II). Kesimpulannya bahwa siswa dapat memenuhi ketuntasan belajar minimal (KBM) menggunakan model pembelajaran Scramble.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Scramble, ipa, siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 01:56
Last Modified: 22 Jul 2020 01:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item