UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN MUARO JAMBI

Istiqomah, TPG161902 and Hakim, Lukman and Tabroni, Tabroni (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TPG161902 SKRIPSI ISTIQOMAH .pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Muaro Jambi. Penelitian ini memiliki fokus penelitian: 1) Keaktifan Siswa pada pembelajara tematik kelas II, 2) Upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan Keaktifan siswa pada pembelajaran tematik,3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas II). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian:kepala sekolah, guru kelas IIA, siswa kelas IIA, Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : 1) Keaktifan guru pada pembelajaran tematik adalah penataan ruang kelas, pemanfaatan metode dan media, 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II yaitu: faktor pendukung: media pembelajaran, ekstrakurikuler . faktor penghambat: fokus siswa terganggu, kurangnya waktu pada saat jam pelajaran,kurangnya motivasi orang tua.3) Upaya Guru Dalam Mengatasi Faktor Penghambat Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II upaya mengatasi fokus siswa terganggu dengan melakukan pendekatan individu kepada siswa, pemilihan metode pembelajaran yang menarik, beri pengertian kepada siswa bahwa tugas yang sedang siswa kerjakan memilki batas waktu, upaya mengatasi kurangnya waktu pada saat jam pelajaran guru harus sebisa mungkin mengelola waktu agar materi yang akan diajarkan bisa tersampaikan dengan baik, dalam hal ini RPP juga berfungsi sebagai salah satu faktor untuk mengatasi hal tersebut, upaya mengatasi kurangnya motivasi orang tua guru harus melakukan pendekatan terhadap siswa, ketika dirumah orang tua berhak tahu dan menanyakan nilai atau hasil belajar anaknya, menanyakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi anaknya ketika disekolah.4)Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik yaitu: KKG(Kelompok Kerja Guru), menggunakan metode yang bervariatif, memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Guru, Keaktifan siswa, Pembelajaran tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:58
Last Modified: 22 Jun 2020 02:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item