ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHDAPI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA PADA PEMEBLAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYYAH AL MUNAWWARAH KOTA JAMBI

Lidya Utari, TPG.161608 and Shalahuddin, Shalahuddin and Al-Ihwanah, Al-Ihwanah (2020) ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHDAPI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA PADA PEMEBLAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYYAH AL MUNAWWARAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultah Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGHDAPI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA PADA PEMEBLAJARAN TEMATIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYYAH AL MUNAWWARAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI UTUH LIDYA - - Copy.docx.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Guru kelas dalam menghadapi Kesulitan belajar membaca dan menulis siswa kelas II pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Munawwarah Kota Jambi. Penelitian ini berfokus pada 1). Kendala yang dihadapi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis 2). Strategi yang digunakan guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis pada kelas II. Peenelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dan mengunakan metode studi kasus, subjek penelitian kepada kepala sekolah, wali kelas II, dan juga siswa kelas II, Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumuntasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap: 1) Mereduksi data dengan cara mencatat dan merekam data yang didapat selama di lapangan 2). Menyajikan data dengan uraian bentuk teks naratif, 3).menyimpulkan data atau verifikasi dengan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru kelas II dalam menghadapi kesulitan membaca dan menulis siswa dalam pembelajaran tematik ada beberapa kendala seperti siswa sulit membedakan huruf, siswa tidak hafal huruf abjad dan bahkan ada siswa yang masih salah memegang pensil, dalam mengatasi kesulitan belajar memebaca dan menulis ada beberapa strategi yang digunakan guru kelas salah satunya yaitu pengunaan metode phonic method, Basal readers yang digunakan dalam mengatasi kesulitan membaca sedangkan starategi yang digunakan dalam kesulitan menulis yaitu metode eja, sehingga dalam strategi yang digunakan guru sangat membawa perubahan dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis siswa kelas II di MI Al Munawwarah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi guru, Kesulitan Membaca, dan menulis, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:08
Last Modified: 14 Jul 2020 02:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item