PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

Piscarika, Menni and Afdal Jamil, Zawaqi and Mukminin, Amirul (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi)
SKRIPSI. Menni Piscarika TPG 161921.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang terjadi pada kegiatan Kepramukaan dalam pembentukan karakter siswa dan disiplin siswa dan menemukan faktor pendukung dan penghambat kegiatan Kepramukaan di madrasah ibtidaiyah negeri Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru kelas, pembina Pramuka, dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan Kepramukaan untuk pembentukan karakter dan disiplin siswa dilakukan dengan cara latihan rutin mingguan, kegiatan upacara, baris-berbaris. Kegiatan Pramuka pedoman materi nya pada dasadharma dan buku SKU. Faktor pendukung nya yaitu dukungan dari kepala madrasah , pembina Pramuka yang berpengalaman, dan sarana prasarana yang memadai.Sedangkan Faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dari orang tua murid dan masih kurang nya pemahaman siswa terhadap pentingnya kegiatan Kepramukaan. Kata Kunci: pembentukan karakter dan disiplin dalam Pramuka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembentukkan Karakter dan Disiplin dalam pramuka
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:52
Last Modified: 19 Nov 2020 04:54
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item