PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Ummi 'Aisyi, TM161382 and El Hilali, Husni and Sunarto, Sunarto (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI)
Skripsi UMMI AISYI, Word.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan dan seberapa besar perbedaan yang didapati dari penerapan signifikan antara penerapan model Reciprocal Teaching dengan penerapan model Direct Intruction. Selanjutnya akan membuktikan pengaruh antara penerapan terhadap model Reciprocal Teaching terhadap peningkatan komunikasi matematis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kota jambi. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kuantitatif, menggunakan eksperimen dengan disain penelitian posttest only control design. Pengambilan sampel mengunakan Teknik simple random sampling. Besaran Sampel penelitian berjumlah 20 orang untuk kelas eksperimen (Reciprocal Teaching) dan kelas kontrol berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Direct Intruction. Hasil perhitungan t test untuk membuktikan perbedaan dua perlakuan ditemui dengan taraf signifikan 5% (t_tabel 2,024 ) dan (t_tabel 1% 2,43) diperoleh hasil 4,348 dengan kata lain 2,024 <4,348 >2,43 ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan besaran pengaruh penerapan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik Madrassah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi didapati tes menggunakan Teknik korelasi phi dengan taraf 5% r_(tabel )=0,304 sedangkan 1% r_(tabel )=0,393 dan diperoleh r_(hitung )=0,464 karena nilai 5% r_(hitung )> r_tabel yaitu (0,304 <0,464 >0,393). Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Kata kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Reciprocal Teaching, Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:25
Last Modified: 24 Jun 2020 03:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item