PEMIKIRAN PROF. DR. ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TERHADAP ASPEK LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM

Anggela Pratiwi, TP161413 and Constantin, Constantin and Mukhlis, Mukhlis (2020) PEMIKIRAN PROF. DR. ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TERHADAP ASPEK LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat tentang Pendidikan Islam: Kajian terhadap Aspek Lingkungan Pendidikan Islam)
TP161413 Judul - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam memegang pengaruh besar terhadap perkembangan anak. Dewasa ini, banyak sekali anak yang rusak moralnya. Akibatnya anak-anak berperilaku menyimpang bahkan terjerumus pada tindakan kriminal. Untuk menumbuhkan pendidikan Islam dalam aspek keluarga, sekolah dan masyarakat penting bagi pendidik mengenalkan ketiga aspek tersebut, dalam mengenalkan ketiga aspek tersebut tentulah terdapat banyak pemikiran tokoh yang membahas mengenai pendidikan anak, salah satu diantaranya adalah Zakiah Daradjat. Zakiah Daradjat adalah satu-satunya sosok pemikir yang menanamkan konsep pendidikan berbasis keilmuan Islam terhadap pendidikan anak di keluarga, sekolah dan masyarakat. Beliau merupakan tokoh perempuan di Indonesia yang menaruh banyak perhatian dalam berbagai bidang dianaranya bidang pendidikan, moral, kehidupan anak, remaja, guru, keluarga dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Zakiah Daradjat dan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap perkembangan ilmu jiwa agama pada anak serta bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan cara editing, organizing dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa (1) konsep pendidikan anak dalam aspek keluarga perspektif Zakiah Daradjat meliputi orang tua menjadi tauladan bagi anak, penanaman jiwa dan taqwa yang diberikan pada anak, (2) konsep pendidikan anak dalam aspek sekolah perspektif Zakiah Daradjat meliputi pembinaan mental, moral, pendidikan agama yang dilakukan secara intensif dan bakat lalu memupuk kecerdasan anak, (3) konsep pendidikan anak dalam aspek masyarakat perspektif Zakiah Daradjat meliputi mempropagandakan hal-hal yang membuat kemerosotan moral anak dan memperhatikan pergaulan anak serta membuat tempat-tempat bimbingan dan penyuluhan pada anak, dan (4) relevansi konsep pendidikan anak dalam aspek keluarga, aspek sekolah dan aspek masyarakat perspektif Zakiah Daradjat dengan tujuan pendidikan Islam yaitu dalam aspek keluarga adalah pengalaman yang diterima anak, dalam aspek sekolah yaitu kecerdasan, sedangkan dalam aspek masyarakat yaitu pencapaian pendidikan secara nyata dalam lingkungan masyarakat. Kata kunci: Konsep Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Konsep Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:48
Last Modified: 17 Jun 2020 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item