Pengembangan Sumber Belajar berupa Flipbook pada Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)

Santri Prima, TB161103 and Musyadad, Khalid and Gusfarenie, Dwi (2020) Pengembangan Sumber Belajar berupa Flipbook pada Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengembangan Sumber Belajar berupa Flipbook pada Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA))
TB161103 Pengembangan Sumber Belajar berupa Flipbook pada Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan sumber belajar berupa Flipbook pada mata pelajaran biologi untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). Masalah pada penelitian adalah kekurangan ketersediaan sumber belajar di SMA Negeri 1 Muaro Jambi namun dalam pembuatan sumber belajar tersebut diharapkan tanpa menggunakan kertas agar lingkungan tidak rusak terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar berupa Flipbook dengan bantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro 3.6.10 pada mata pelajaran biologi materi keanekaragaman hayati untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar yang dikembangkan melalui para ahli desain, materi dan bahasa serta untuk mengetahui praktikalitas penggunaan sumber belajar oleh guru maupun siswa dari pengembangan sumber belajar berupa Flipbook tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Reseacrch and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada tahap Development melibatkan 3 validator untuk menilai kelayakan sumber belajar dan pada tahap Implementation melibatkan 1 orang guru biologi dan 31 siswa kelas X 1 MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi untuk menilai kepraktikalitasan sumber belajar. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sumber belajar berupa Flipbook layak untuk digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa dengan perolehan persentase desain (95,67%) dikategorikan sangat layak, materi (86,67%) dikategorikan layak dan bahasa (80,00%) dikategorikan layak. Dan hasil penelitian juga menunjukan bahwa sumber belajar berupa Flipbook ini praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh melalui penilaian oleh guru dan siswa. Hasil penilaian dari guru memperoleh persentase 86,88% dengan kategori praktis dan hasil penilaian siswa memperoleh persentase 92,44% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan bahwa sumber belajar berupa Flipbook ini layak dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran biologi untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: sumber belajar berupa Flipbook, biologi, kelayakan dan praktikalitas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:24
Last Modified: 17 Jun 2020 03:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item View Item