PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Junia Nabila, TM161310 and Usmar, Ali and Kukuh, M. (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi)
TM161310 JUNIA NABILA PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH JAMBI.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh hasil penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel penelitian berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan pendekatan SAVI. Dan berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan pendekatan pembelajaran langsung. Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5% t_tabel =2,01 sedangkan 1% t_tabel =2,68 dan diperoleh t_hitung=4,83 Karena nilai t_hitung≥t_tabelyaitu (2,01<4,83> 2,68). Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan perhitungan uji pengaruh menggunakan effect size diperoleh d_s=1,4 dengan kategori tinggi. Dengan demikian hipotesis alternatif (H_a) diterima dan (H_0) ditolak. Berarti ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan Pendekatah SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendekatah SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:41
Last Modified: 15 Jun 2020 02:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item