MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS IV DI SDN 104/IV KOTA JAMBI

Ramidah, Siti and Anwar, Kasful and Fatmawati, Kiki (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS IV DI SDN 104/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SITI RAMIDAH-SITI RAMIDAH TPG141164 - Siti ramidah Idah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 104/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Realistic Mathematics Education, tahapan tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas IV Sekolah Dasar Negeri 104/IV Kota Jambi berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan termasuk refleksi, Siklus II terdiri dari 4 pertemuan termasuk refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata rata pada pra siklus 57,04%, siklus I 73,08, Siklus II 82,07%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Kasful Anwar (I) Kiki Fatmawati (II)
Keywords / Katakunci: pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education, Pelajaran matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:51
Last Modified: 31 Oct 2019 02:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item