Lely Haryani Siregar, TPG161906 and Mahluddin, Mahluddin and Siregar, Nasyariah (2020) ANALISIS MEDIA BENDA KONKRET MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 140/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS MEDIA BENDA KONKRET MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWAKELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 140/IVKOTA JAMBI)
SKRIPSI Lely Haryani S,TPG161906.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Media Benda Konkret Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 140/IV Kota Jambi. Subjek ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas III, dan siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulaan data dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneitian menemukan bahwa (1) Proses penggunaan media benda konkret pada mata pelajaran Matematika dikelas III Sekolah Dasar Negeri 140/IV Kota Jambi memiliki sebuah perencanaan dimana didalamnya terdapat persiapan RPP, persiapan Media, strategi dan metode. (2)Kendala yang guru hadapi meliputi a. Kendala dari guru, b. Kendala dari siswa, c. Kendala dari RPP, d. Kendala dari media benda konkret Matematika, e. Dan kendala dari sarana media. (3) Adapun upaya Guru dalam mengatasi kendala yang telah dilakukan dikelas III Sekolah Dasar Negeri 140/IV Kota Jambi a. Mengikuti pelatihan seperti KKG, b. pengembangan kreatifitas peserta didik, c. Melakukan kegiatan yang lebih bermakna, d. Guru mempersiapkan media benda konkret dari rumah untuk menutupi kekurangan media benda konkret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Proses penggunaan media, kendala, upaya, kelas III
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: