PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI

Devi Gusdiana Putri, TPG161865 and Hakim, Lukman and Fatmawati, Kiki (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 151/IV Kota Jambi)
Skripsi Devi Gusdiana Putri (PGMI).pdf - Published Version

Download (16MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui teknik inside-outside circle untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III di Sekolah Dasar Negeri 151/IV Kota Jambi. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu "Bagaimana metode pembelajaran kooperatif melalui teknik inside-outside circle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 151/IV Kota Jambi ?". Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B di Sekolah Dasar Negeri 151/IV Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah dengan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa mencapai 70%. Pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif teknik Inside-Outside Circle (IOC) yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran yaitu dimulai dengan pembagian kelompok besar dan pasangan asal sesuai metode pembelajaran kooperatif teknik Inside-Outside Circle (IOC), Selanjutnya siswa menyelesaikan lembar kerja siswa dengan berdiskusi dengan kelompok besar, siswa mengkomunikasikan hasil pekerjaannya kepada temannya, siswa mengerjakan soal secara individu dengan informasi yang telah diperoleh, siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan, persentase rata-rata keaktifan belajar siswa setiap indikator sebesar 48,41% kategori "rendah", sedangkan keaktifan belajar siswa sebesar 48,66% kategori "rendah". Pada siklus I keaktifan belajar siswa setiap indikator mengalami peningkatan sebesar 25,06% menjadi 73,22% kategori "sedang", sedangkan pada keaktifan belajar siswa siklus I juga mengalami peningkatan sebesar 42,71% menjadi 91,37% kategori "tinggi". Pada siklus II keaktifan belajar siswa setiap indikator juga mengalami peningkatan sebesar 16,19% menjadi 89,41% kategori "tinggi", sedangkan keaktifan belajar nya pun juga mengalami peningkatan sebesar 20,6% menjadi 111,97% kategori "tinggi". Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 86,5% dalam kategori "tinggi". Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 99,03% dalam kategori "tinggi".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: pembelajaran tematik,metode pembelajaran kooperatif teknik Inside-Outside Circle,keaktifan belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:58
Last Modified: 07 Aug 2020 03:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item