احساس الطلاب لطريقة المعلم فى التعليم اللغة العربية في مدرسة الثانوية الحكومية ٥ مدينة جمبي

A. M. Almunawir, TA.161637 and Musyaddad, Kholid and Yusraini, Yusraini (2020) احساس الطلاب لطريقة المعلم فى التعليم اللغة العربية في مدرسة الثانوية الحكومية ٥ مدينة جمبي. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
احساس الطلاب لطريقة المعلم في تعليم اللغة العربية في مدرسة الثانوية الحكومية مدينة جمبي almunawir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. Untuk mengetahui hasil dari persepsi (tanggapan) tersebut dilakukan uji deskriptik berupa kuesioner kepada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi Tahun 2020. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan peendekatan kuantitatif survey, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 5 Kota Jambi yang berjumlah 162 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 115 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Dan Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas. Serta untuk mendapatkan hasil persentase dan frekuensi data yaitu dengan menggunakan SPSS Versi 21 for windows. Dan adapun hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab di MTs N 5 kota Jambi dengan menggunakan Angket. Serta dilihat juga dari hasil wawancara guru dan siswa. Maka dapat saya simpulkan bahwa persepsi siswa terhadap metode pembelajaran guru bahasa arab itu tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket siswa tentang pernyataan metode yang digunakan oleh guru saat mengajar, pada pernyataan angket Dalam menerangkan materi pelajaran Guru suka meminta siswa di kelas untuk menirukan bacaan atau mengulangi kalimat yang di ucapkan oleh Guru ( metode sam’iyah wa syafawiyah )terdapat 50 siswa (43,5%) menjawab sangat setuju, 45 siswa (39,1%) menjawab setuju, 14 siswa (12,2%) menjawab kurang setuju dan 6 siswa (5,2%) menjawab tidak setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: persepi siswa, metode pembelajaran guru bahasa arab
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:29
Last Modified: 11 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item