Aplikasi Marketing Syariah di Pegadaian Syariah (Studi Kasus di Kantor Cabang Pegadaian Syariah Kota Jambi)

Milsisi, SHE 162063 and Muhammad, Fauzi and Sasnifa, Pidayan (2020) Aplikasi Marketing Syariah di Pegadaian Syariah (Studi Kasus di Kantor Cabang Pegadaian Syariah Kota Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Aplikasi Marketing Syariah di Pegadaian Syariah (Studi Kasus di Kantor Cabang Pegadaian Syariah Kota Jambi))
skripsi milsisi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Marketing Syariah adalah sebuah disiplin strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholder-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah Islam. Pegadaian syariah merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai ijin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi (penerapan) marketing syariah di Pegadaian Syariah Cabang Kota Jambi, kendala yang dihadapi dalam aplikasi (penerapan) marketing syariah di Pegadaian Syariah Cabang Kota Jambi, dan solusi yang dilakukan oleh marketing di Pegadaian Syariah Cabang Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan literature lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut : Pertama, aplikasi (penerapan) marketing syariah di Pegadaian Syariah Cabang Kota Jambi bersandar pada empat pilar, yaitu: pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan profitabilitas. Dimana cara yang dilakukan dengan cara menumbuhkan kepercayaan nasabah lebih ke reliabilitas yang bisa diandalkan,memberikan perhatian personal pada nasabah tertentu atau biasa kita sebut sebagai nasabah prioritas, Kedua Adapun kendala yang dihadapi dalam aplikasi (penerapan) marketing di pegadaian syariah kota jambi dimana marketing kesulitan dalam menawarkan produk dari pegadaian syariah karena kebanyakan nasabah menanyakan tentang dalil dari produk tersebut dan meminta penjelasan yang detail tentang bunga dan denda. Ketiga, Solusi yang dilakukan oleh marketing di pegadaian syariah cabang kota jambi yaitu dengan upgrade regulasi, update SDM, dan Edukasi masyarakat tentang gadai syariah memperkenalkan atau mensosialisasikan produk yang ditawarkan suatu perusahaan melalui berbagai macam media dan cara. Tetapi dalam mempromosikan suatu produk harus mengedepankan kejujuran. Kata Kunci :Aplikasi, Marketing Syariah, Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Aplikasi, Marketing Syariah, Pegadaian Syariah
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 15 Jun 2020 04:19
Last Modified: 15 Jun 2020 04:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item