PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOTORAN SAPI DAN PUPUK KOTORAN AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TOMAT (SOLANUM LYCOPERSICUM)

Suriani, and Maisah, Maisah and Suraida, (2018) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOTORAN SAPI DAN PUPUK KOTORAN AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN TOMAT (SOLANUM LYCOPERSICUM). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Skripsi Suriani Tadris Biologi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dua jenis yaitu pupuk kotoran sapi dan pupuk kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat (solanum lycipersicum). Penelitian ini berjumlah 15 batang tanaman tomat dan 5 perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Pattimura Kenali Besar Perumahan Rukun Sentosa Ii Rt 41 Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Tomat memiliki berbagai macam manfaat antara lain mencegah penyakit sariawan, menghilangkan jerawat dan mencegah penyakit kanker. Penelitian ini dilakukan di Bulan Juli sampai Agustus 2018 menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL), 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu PI (air biasa), p2 (200 gram), p3 (300 gram), p4 (400 gram), dan p5 (500 gram). Data dianalisis secara statistik melalui analisis ANOVA dan dilanjutkan uji BNT taraf 5%. Dari data tersebut ada pengaruh pemberian pupuk kotoran sapi dan pupuk kotoran ayam dengan dengan perlakuan yang berbeda beda. Perkembangan tanaman tomat (solanum lycopersicum) selama penelitian cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata rata jumlah buah tomat. Jumlah buah tomat tertinggi terjadi pada tanaman tomat yang diberi perlakuan pupuk kotoran sapi dan kotoran ayam p5 (500 gram) sedangkan rata rata buah tomat terendah terjadi pada perlakuan kontrol (air biasa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: pupuk kotoran sapi dan ayam, tanaman tomat, pertumbuhan dan perkembangan tanaman
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:17
Last Modified: 31 Oct 2019 03:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item