PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TEKNIK BAMBOO DANCING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI

Agustina Dewi Astuti, TPG.161844 and Mahluddin, Mahluddin and Musyaffa, A.A (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TEKNIK BAMBOO DANCING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 151/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ABSTRAK Nama : Agustina Dewi Astuti Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Teknik Bamboo Dancing dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri)
Skripsi AGUSTINA DEWI ASTUTI (TPG.161844).pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagaimana pengamatan awal di kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi peneliti menemukan siswanya memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah yaitu 57.09% dan hasil belajar siswa tergolong rendah tidak memenuhi standar (KKM). Sehingga yang menjadi pokok permasalahan adalah kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing di kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggar yang terdiri dari 2 siklus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil angket yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dan uji kompetensi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa kelas VA SDN 151/IV Kota Jambi. Dengan nilai angket motivasi belajar siklus I sebesar 68.10% dan siklus II sebesar 74.83%. kemudian peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dapat diukur dan dari uji kompetensi siklus I dan siklus II. Dengan nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 7.5 dan siklus II sebesar 7.9. Serta uji validasi pada siklus I senilai 0.58 menunjukkan kriteria koefisien korelasi cukup. Selanjutnya, uji validasi pada siklus II senilai 0.72 menunjukkan koefisien korelasi yang tinggi. Kedua data pada siklus I dan siklus II telah valid atau sahih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui Teknik Bamboo Dancing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Bamboo Dancing, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 11 Jun 2020 03:48
Last Modified: 11 Jun 2020 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item