UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MADARASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI

Saipul Anwar, TPG.161955 and Ahmad, Saidah and Fatmawati, Kiki (2020) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MADARASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Upaya Guru Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi)
TPG161955 SAIPUL ANWAR.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam membentuk kecerdasan emosional siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi, hal ini dilatar belakangi dengan semakin koples kondisi kehidupan saat ini meyebabkan pentingnya kecerdasan emosional untuk dipahami, dimiliki dan diperhatikan proses pengembangannya agar dapat membantu seseorang dalam menjalani kehidupan ini, untuk itu hendaknya kecerdasan emosional menjadi perhatian khusus di dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai serana dan pran guru sebagai pendidik disana sangat penting untuk membina dan mengembangkan kecerdasan emosional anak, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi sebagai lembaga pendidikan yang telah meyiapkan membentuk kecerdasan emosional anak. Permasalahan tersebut melalui studi lapangan yang telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi, dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pena kecerdasan emosional untuk membentuk kecerdasan emosional siswa. Datanya di peroleh dgan wawancara terstruktur, obserpasi, partisipasi pasif dan dokumentasi. Semua data dianalisis deskriptif menggunakan reduksi data, display data (peyajian data) dan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini menunjukkan bahwa : membentuk kecerdasan emosional di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi dilaksanakan dengan meliputi aspek mengenali emosi dirinya, mengenali emosi orang lain, membina hubungan dengan orang lain dan memotivasi diri. Temuan tersebut meberikan acuan unuk guru dalam menerapkan kepada siswa agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan bisa mengendalikan emosinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kecerdasan Emosional, Peran Guru, Faktor Penghambat dan Pengmbat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:50
Last Modified: 01 Jul 2020 02:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item