PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Muhammad Azmi, TP.161517 and Adnan, Latifah and Surayya, Elly (2020) PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi)
Muhammad Azmi, TP.161517.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pemberlakuan kurikulum 2013 merupakan komitmen pemerintah dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia mendapatkan respon pro dan kontra dari berbagai kalangan akademik. Upaya pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014 menimbulkan banyak kendala. Banyak para pendidik yang merasa bingung dengan kebijakan pemerintah yang baru ini, termasuk guru Pendidikan Agama Islam. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMA Islam AL-Falah Kota Jambi dengan judul “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi”. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA AL-Falah Kota Jambi. (2) Untuk Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat apa saja bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA AL-Falah kota Jambi. (3) Untuk mengetahui solusi yang ditempuh untuk mengatasi faktok-faktor penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA AL-Falah Kota Jambi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan mengambil latar belakang guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui. (1) Wawancara ( interview), (2) pengamatan (observasi) dan (3) Dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan : (1) Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisa deskriftif, (2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 Di Sma Islam AL-Falah Kota Jambi diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Sedangkan faktor pendukung Implementasi kurikulum (1) Adanya sarana prasarana yang memadai, (2) Sering diadakan pelatihan bagi guru, dan (3) lebih banyak mengadakan prakter dari teori. Saran pada penelitian Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 di SMA Islam Al-Falah Jambi saran yang dapat disampaikan penulis adalah pelatihan yang lebih terhadap guru bidang studi dalam menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik, perhatian yang lebih terhadap peserta didik dalam pembelajaran, dan adanya inovasi dan kreatifitas guru dalam menggunakan sumber belajar yang ada guna mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Profesionalitas guru pai,Tarbiyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Jun 2020 06:38
Last Modified: 15 Jun 2020 06:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item