احساس الطلاب للطريقة يستخدمها معلم اللغة العربية فى مدرسة ثانوية ٨ موار جامبي

Fitria Khairun Nisa, TA161661 and Lubis, Ali Musa and Sanjaya, Budi (2020) احساس الطلاب للطريقة يستخدمها معلم اللغة العربية فى مدرسة ثانوية ٨ موار جامبي. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (احساس الطلاب للطريقة يستخدمها معلم اللغة العربية فى مدرسة ثانوية حكومية 8 موار جامبي)
Fitria Khairun Nisa TA161661.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Persepsi siswa MTsN 8 Muaro Jambi terhadap metode yang di gunakan guru dalam pembelajaran Bahasa arab. (2) Untuk mengetahui metode yang di pakai guru bahasa Arab di MTsN 8 Muaro Jambi dapat di jelaskan atau tidak dengan adanya persepsi siswa. (3) Untuk Untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 8 Muaro jambi. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif Kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi yang berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel penelitian di ambil sebanyak 136 siswa dengan menggunakan rumus Slovin. Dan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara. (1) menggunakan Instrumen angket (2) observasi dan (3) wawancara. Selanjutnya analisa data di analisis dengan menggunakan Statistical pakage for sience social (SPSS). Statistik deskriptif yang akan digunakan ialah frekuensi dan min. Dan adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap metode yang digunakan guru bahasa arab di MTSN 8 Muaro Jambi rata-rata berada pada nilai yang sederhana, hal ini dapat dilihat dari hasil tabel Angket bahwa sa’at guru mengajarkan kemahiran istima’ menurut persepsi siswa guru sangat sering menggunakan metode alami berdasarkan nilai interpretasi mean yang tertinggi yaitu 2,84 (Sederhana). Kemudian sa’at guru mengajarkan kemahiran kalam menurut persepsi siswa guru sangat sering menggunakan metode audiolingual berdasarkan nilai interpretasi mean yang tertinggi yaitu 2,72 (sederhana). Kemudian sa’at guru mengajarkan kemahiran qiro’ah menurut persepsi siswa guru sangat sering menggunakan metode dasar berdasarkan nilai interpretasi mean yang tertinggi yaitu 3,15 (Sederhana). Kemudian sa’at guru mengajarkan kemahiran kitabah menurut persepsi siswa guru sangat sering menggunakan metode imla’ berdasarkan nilai interpretasi mean yang tertinggi yaitu 2,48 (Rendah) dan itu menunjukkan bahwa guru bahasa arab sudah baik dan bagus dalam mengajarkan pelajaran bahasa arab. Kata Kunci : persepsi siswa, metode pembelajaran bahasa arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: persepsi siswa, metode pembelajaran bahasa arab
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:56
Last Modified: 22 Jul 2020 04:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item