PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Nabila, Nabila and Shalahudin, Shalahudin and Nugroho, Aris Dwi (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi)
NABILA TPG161929 (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI).pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di Kelas V MIN 4 Muaro Jambi yang disebabkan oleh rendahya kua litas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode, media maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran akidah akhlak ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di madrasah ibtidaiyah Negeri 4 muaro jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa pada pelajaran 5 akhlak terpuji. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencangkup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dapat di ukur dari evaluasi siklus I, dan Siklus II. Dengan nilai hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 62% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88%. Hasil sikap siswa pada siklus I mencapai 72% namun mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 85,5%. Sedangkan skor prestasi belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata 69,54% dengan kategori “Mendekati Tuntas” dan skor prestasi belajar siswa meningkat pada siklus II di peroleh rata-rata 91,36 % dengan kategori “Tuntas”. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Audio Visual, Prestai Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:00
Last Modified: 27 Aug 2021 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item