IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DALAM MENJALANKAN TERTIB ADMINISTRASI DESA DI DESA RUKAM KEC. TAMAN RAJO KAB. MUARA JAMBI

Walidaya, and Neldi, Asri and Juharmen, Juharmen (2018) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KEPALA DESA DALAM MENJALANKAN TERTIB ADMINISTRASI DESA DI DESA RUKAM KEC. TAMAN RAJO KAB. MUARA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
skripsi walidaya - walidaya wali.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengenai implementasi Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 dan pengaruhnya terhadap kinerja kepala desa dalam menjalankan tertib administrasi desa pasal 24 tentang penyelenggaraan pemerintah desa di Desa Rukam Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif dengan jenis pendekatan kelapangan (Field Research). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dan kesimpulan implementasi dari adanya UU Nomor 6 tahun 2014 sangat berpengaruh terhadap kinerja kepala desa, pemerintah desa menjadi bertanggung jawab dan disiplin dalam penyelenggaraan pemerintah dan dapat mengatur segala hal mulai kewajiban, tugas, pokok, fungsi, hak, dan kewenangan, selain itu pemerintah desa berkerja lebih hati-hati karena adanya pengawasan berlapis seperti Expektorat, BPKP, KPU, Kejaksaan, dan Kepolisian. Adanya pengawasan tersebut pemerintah desa dalam menjalakan kinerjanya sesuai dengan aturan dan dapat dipertanggung jawabkan. Khususnya penjelasan pasal 24 tentang Asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa bahwa dari Asas-asas tersebut sudah dijalankan dengan cukup baik karena masih terdapat beberapa asas yang belum di terapkan secara maksimal seperti asas tertib kepentingan umum, asas keterbukaan, dan asas profesionalitas. Upaya kepala desa dalam menjalankan tertib administrasi desa dilaksanakan dengan kerjasama koordinasi adalah faktor penting dalam menetapkan tujuan. Dengan adanya koordinasi dari Kepala Desa dan Sekretaris Desa diharapkan pekerjaan serta tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai dengan baik. koordinasi yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa seperti koordinasi pelimpahan wewenang antara kepala desa ke sekretaris desa atau terhadap bawahannya. pemerintah desa sendiri dalam hal ini sekretaris desa juga dituntut memiliki inisiatif dan kreativitas dalam pembangunan. Keterlibatan perangkat desa sebagai pemerintah di desa dalam kegiatan masyarakat sangat lah penting. Partisipasi dari masyarakat agar pembangunan desa tepat sasaran kemudian dokumentasi desa dimusyarawarahkan dengan masyarakat dan hasil musyawarahnya di komentasikan perencanaan apa yang dibutuhkan supaya tertib dalam administrasi. Faktor yang menghambat dan mendukung terhadap kinerja kepala desa dalam menjalankan tertib administrasi desa, perangkat desa dapat dikatakan belum mampu menyelenggarakan tertib administrasi secara maksimal karena kurangnya pemahaman terhadap tugas pokok, fungsi, hak dan kewenangan dalam tertib administrasi desa., selain itu sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam penyelenggaraan tertib administrasi. Faktor lain yang menjadi penghambat adalah pendidikan dimana dari seluruh perangkat desa hanya dua orang memiliki kompetensi sarjana yaitu Kepala Desa dan Sekretaris Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Asri Neldi (I), Juharmen (II)
Keywords / Katakunci: kinerja kepala desa, undang undang
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:54
Last Modified: 31 Oct 2019 03:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item