PENGEMBANGAN ALBUM KOLEKSI HEWAN VERTEBRATA BERBASIS KONSEP MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sucipto, Wawan Adi and Jailani, Syahran and Safita, Reny (2018) PENGEMBANGAN ALBUM KOLEKSI HEWAN VERTEBRATA BERBASIS KONSEP MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI WAWAN ADI SUCIPTO NIM TB120832 - Luqman Hakim.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan album koleksi hewan vertebrata berbasis konsep materi klasfikasi mahluk hidup sebagai media pembelajaran siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kabupaten Tebo, belum ada media yang dapat menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada materi klasfikasi mahluk hidup (vertebrata), guru menyampaikan materi pembelajaran masih menggunakan buku pelajaran dalam LKS sebagai penyelesaian soal, serta guru biasanya mengajar dengan media yang ada di dalam ruangan saja seperti gambar gambar. Sehingga membuat siswa menjadi bosan, mengantuk, pasif dan hanya mencatat saja. Guru yang berkompeten berani mencoba media yang baru yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Agar siswa dapat belajar dengan baik maka media pembelajaran harus diusahakan tepat, efektif dan efisien. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan, yang berupaya membuat suatu produk baru dalam sistem pembelajaran yaitu album koleksi hewan vertebrata dengan prosedur pengembangan 3D, define, design, devlop. Hasil validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media album hewan vertebrata berbasis gambar dengan nilai rata-rata skor 18 dengan pesentase 90% pada kategori valid/praktis. Hasil validitas materi oleh pakar materi diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas materi media album hewan vertebrata berbasis gambar nilai rata-rata 27 dengan skor 84.3. Hasil validitas bahasa oleh pakar bahasa diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas bahasa media album hewan vertebrata berbasis gambar dengan nilai rata-rata skor 62%, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil praktikalitas 10 orang siswa berada 82.5%. Hal ini berarti media album hewan vertebrata berbasis gambar dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori praktis, hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil praktikalitas 30 orang siswa berada 84.7%. Hal ini berarti media album hewan vertebrata berbasis gambar dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori praktis. Efektifitas dari produk yang telah di dikembangkan setelah di ujicobakan pada siswa kelas VII di Sekolah Mengengah Pertama Negeri 7 Kabupaten Tebo, hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil praktikalitas 30 orang siswa berada 84.7%. Hal ini berarti media album hewan vertebrata berbasis gambar dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syahran Jailani (I), Reny Safita (II)
Keywords / Katakunci: Album Koleksi Hewan Vertebrata. Materi Klasfikasi Makhluk Hidup
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:51
Last Modified: 31 Oct 2019 03:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item