PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Atika Sukma Yanti, TPG161856 and Mahluddin, Mahluddin and Musyaffa, A.A (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TPG 161856, Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi - lampiran fulltext-dikompresi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa siswa kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi pada saat proses pembelajaran siswa kurang memahami materi pelajaran dan sulit menerima materi pelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yaitu dari 27 siswa hanya 41% (11 siswa) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 63,70 sedangkan ketuntasan minimal adalah 75. Setelah peneliti telusuri, hal ini disebabkan guru mengajar satu arah, guru mengajarkannya kebanyakan monoton hanya guru saja yang aktif dan siswanya pasif, sehingga hal ini membuat siswa bosan dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Selain itu, guru tidak menggunakan model atau metode dalam proses pembelajaran guru hanya menekankan pada metode ceramah, sehingga pada umumnya siswa mengikuti pembelajaran secara pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actioan Research). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin MC Taggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dilihat nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,35% dan siklus II 82,72%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa siklus I sebesar 70,37 dengan kategori tidak tuntas dengan validitas 0,428 dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 90,37 dengan kategori tuntas dengan nilai validitas 0,512. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidiayah Negeri 4 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik dan terbukti bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Aqidah Akhlak, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2020 06:41
Last Modified: 08 Jul 2020 06:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item