STRATEGI DAKWAH GURU NGAJI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI DI DESA SENAUNG KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

ABDUL KARIM, UK 160109 and Abdul Aziz, Ishak and Wahyuni, Mila (2020) STRATEGI DAKWAH GURU NGAJI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI DI DESA SENAUNG KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI DAKWAH GURU NGAJI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGAJI DI DESA SENAUNG KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI)
UK.160109_ABDUL KARIM_KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya minat mengaji dan tidak aktifnya nya pengajian malam yaitu PAMI (Pengajian Antara Magrib dan Isya) di Desa Senaung yang di akibatkan oleh kemajuan zaman dan tidak adanya para dai yang ingin mengajarkan ngaji terhadap anak-anak. Dengan kembali aktif adanya PAMI AT-TAQWA, melalui Bentuk dan Strategi Guru Ngaji dalam mengajar dengan bermacam strategi yang dilakukakan Guru Ngaji tersebut sehingga minat mengaji anak-anak banyak diminati. Disini peneliti ingin melihat Bentuk dan Strategi apa saja yang dilakukan para Guru Ngaji dalam meciptakan generasi anak yang berbasis islamiyah. Hal ini mendorong penulis ingin melihat kendala apa saja yang dihadapi para Guru Ngaji serta solusi Guru Ngaji yang tepat untuk menumbuhkan kegiatan mengaji di Desa Senaung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berpusat pada Desa Senaung yaitu Guru Ngaji yang mengajar, Datuk Kepala Desa Senaung, Tokoh Masyarakat dan Ketua Langgar AT-TAQWA Desa Senaung. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari manusia, situasi dan peristiwa. Penelitian ini menggunakan teknik metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya penulis menemukan bahwa pada pengajian di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung tersebut dalam menumbuhkan minat mengaji banyak Bentuk dan Strategi yang dilakukan para Guru Ngaji, yang mengajar di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung dalam menumbuhkan minat mengaji ramai dengan anak-anak yang mengaji dengan mempunyai bentuk kegiatan yaitu sholat berjama’ah, membaca wirid dan doa, sholwat nabi hapalan, tilawah dan kegiatan MTQ tiap tahunnya. Disini juga guru ngaji menggunakan bermacam strategi dan mempunyai ciri khas tersendiri. Dalam proses pengajian di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung, para Guru Ngaji menggunakan beberapa Strategi dalam mendidik yaitu dengan strategi M yaitu Menyimak, Membaca, Menulis dan Mengingat. Adapun kendala yang dihadapi guru ngaji dalam menumbuhkan minat mengaji di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung yaitu Karakteristik anak didik yang memilki bermacam perilaku yang dimiliki, bahar ajar yang masih bersifat tradisional, waktu yang tersedia dalam proses mengajar yang singkat dengan jumlah anak yang begitu banyak, dan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajr yang kurang memadai, serta tenaga mengajar yang kuarang sehingga proses pengajian terkendala. Jadi berdasarkan observasi peneliti lakukan bahwa solusi dalam menumbuhkan minat mengaji bagi anak-anak di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung yakni dengan cara yang pertama solusi dari para Guru Ngaji yaitu meningkatkan minat kesadaran anak-anak akan pentingnya belajar meningkatkan keIslaman anak-anak di Desa Senaung sehingga menimbulkan efek atau perubahan pada anak didik tersebut yaitu efek kognitif, afektif dan behavioral. Dan selanjutnya dalam kendala sarana prasarana yang harus memadai dengan pengajian yang jumlah banyak agar tetap berjalan dengan lancar proses belajar dan mengajar menjadi lebih baik dan mencapai sesuai tujuan yang diingikan. Akhirnya penulis merekomendasikan dan mengetahui strategi yang digunakan dalam menumbuhkan minat mengaji di Desa Senaung, sehingga para da’i yang lain bisa mencontoh para da’i yang mengajar di PAMI AT-TAQWA Desa Senaung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:22
Last Modified: 08 Jun 2020 03:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item