TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KAMPANYE DALAM PENGGUNAAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK (STUDI PERATURAN KPU NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG KAMPANYE PILKADA 2018)

Sudirman, SPI. 152233 and Fitrihabi, Nuraida and Armansyah, Yudi (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KAMPANYE DALAM PENGGUNAAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK (STUDI PERATURAN KPU NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG KAMPANYE PILKADA 2018). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KAMPANYE DALAM PENGGUNAAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK (STUDI PERATURAN KPU NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG KAMPANYE PILKADA 2018))
SUDIRMAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan ingin mengetahui mengenai Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Walikota dan Wakil Walikota Jambi dalam Penggunaan Media Cetak dan Elektronik menurut peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye Pilkada 2018. Peneliti menggunakan pendekatan masalah dengan cara yuridis normatif dan empiris, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) Penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data ini diperoleh dari literatur-literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Objek penelitian ini yang berkaitan dengan Tinjauan Yuridis Terhadap Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Walikota Dan Wakil Walikota Jambi Dalam Penggunaan Media Cetak dan Elektronik (Studi Peraturan Kpu Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye Pilkada. Hasil penelitian menyimpulkan Dasar Lahirnya PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye Pilkada 2018 bentuk kewenangan KPU Sebagai penyelenggara pelaksanaan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah, maka tingkat keberhasilan pelaksanaan Pemilihan umum dan Pemilihan Kepala daerah tersebut sangat ditentukan oleh penyelenggaranya. Untuk itu KPU mengeluarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum untuk untuk setiap tahapan pemilu, Termasuk membuat peraturan mengenai kampanye, maka lahirlah Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Terdapat beberapa aturan yang dirubah dari sebelumnya yaitu PKPU Nomor 12 Tahun 2016 telah dinyatakan tidak sah dan di cabut lalu digantikan dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 yaitu Pasal 1 Ayat 16a dan 16b sebelumnya di hapus dan diubah menjadi pasal 17 dan pasal 18 penambahan media Sosial di Ayat 28, adanya pelarangan penggunaan isu sara dalam kampanye pada Pasal 17, selain itu para paslon juga harus menjunjung tinggi pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, menjaga moralitas nilai-nilai agama serta jati diri bangsa dan sebagainya. Kemudian Pasal 13 PKPU Nomor 4 Tahun 2017 dijelaskan materi kampanye paslon wajib memuat visi, misi, serta program yang disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, materi tersebut dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kampanye, Peraturan Komisi Pemilihan Umum.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 May 2020 04:26
Last Modified: 18 May 2020 04:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item