STUDY MAKNA PROSESI MENIMBANG PENGANTIN DALAM SISTEM PERNIKAHAN DI DESA SEKERNAN KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

Zamri, and Sayuti, and Mailinar, (2018) STUDY MAKNA PROSESI MENIMBANG PENGANTIN DALAM SISTEM PERNIKAHAN DI DESA SEKERNAN KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
skripsiiii - zamri zam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kehidupan merupakan proses dalam beberapa tahapan peristiwa, diawali peristiwa kelahiran dan diakhiri dengan peristiwa kematian. Tiap peristiwa biasanya membutuhkan proses perayaan yang dikenal dengan "upacara". Upacara menjadi bagian penting dalam perkembangan kehidupan manusia dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Hal ini menjadi salah satu landasan mengapa manusia berperan sebagai makhluk individu dan sosial. Oleh karena itu manusia memerlukan orang lain untuk dapat melalui setiap peristiwa termasuk peristiwa pernikahan. Dan di setiap daerah di Indonesia memiliki perayaan pernikahan yang berbeda beda termasuk di daerah Jambi salah satunya daerah Desa Sekernan yang memiliki perayaan pernikahan yang unik bahkan menarik yaitu acara menimbang pengantin yang dilakukan di dalam acara resepsi pernikahan di Desa Sekernan. Maka berawal dari inilah penelitian ini dilakukan dengan judul "Studi Makna Proses Adat Menimbang Pengantin dalam Sistem Pernikahan di Desa Sekernan Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini penulis lakukan untuk mengetahui proses menimbang pengantin dalam proses pernikahan, tata cara menimbang pengantin, makna menimbang pengantin dan makna menimbang pengantin dalam resepsi pernikahan di Desa Sekernan Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Hasil penelitian ini menjelaskan sebelum akad nikah dilakukan ada beberapa acara yang dilakukan yaitu duduk betanyo, antar tando, antaran adat, acara nikah, acara resepsi. Faktor masyarakat masih mempertahankan acara tersebut karena psikologis. Makna dari prosesi menimbang pengantin itu sendiri sebagai lambang kemakmuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Sayuti (I) Mailinar (II)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:19
Last Modified: 31 Oct 2019 03:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item