MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMA'INNAH KOTA JAMBI

Dewi, Lia Chandra and Idris, Ilyas and Tabroni, (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMA'INNAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI-LIA CANDRA DEWI_1 - Lia Candra100796.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Al – Muthmainnah Kota Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya metode, model maupun strategi yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran Tematik ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al –Muthmainnah Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al –Muthmainnah Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah Meningkatkan motivasi belajar melalui srategi Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik Tema Bumi dan Alam Semesta. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas III C SDIT AL-Muthmainnah yang berjumlah 19 orang, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa penggunaan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ilyas Idris (I) Tabroni (II)
Keywords / Katakunci: Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:02
Last Modified: 31 Oct 2019 03:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item