KEBIJAKAN PENATAAN PASAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH: STUDI DI PASAR SARINAH RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO

Annurrohmansyah, Veri and Harun, Hermanto and Razak, Abdul (2018) KEBIJAKAN PENATAAN PASAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH: STUDI DI PASAR SARINAH RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SP120301 VERY ANNURROHAMNSYAH ILMU PEMERINTAHAN - Very Sulu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kebijakan penataan pasar dan dampaknya terhadap pendapatan asli daerah: studi di Pasar Sarinah Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Skripsi ini bertujuan diantaranya adalah Untuk mengetahui Permasalahan yang muncul dalam pengelolaan Pasar Sarinah Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, dan untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam penataan Pasar Sarinah, serta untuk mengetahui dampak yang timbul dari penataan Pasar Sarinah. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang ingin penulis paparkan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan data-data yang meliputi data primer dan sekunder. Data primer yaitu adalah data yang diambil oleh peneliti kepada sumbernya tanpa ada perantara, sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen-dokumen dan arsip dari kecamatan rimbo bujang wawancara dan informasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulannya adalah permasalahan utama yang menjadi titik fokus pemerintah adalah pada faktor infrastruktur, beralihnya konsumen kepada pasar modern, kurang efektifnya koordinasi dengan para pedagang dan PKL. Kebijakan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo dan Dinas Pengelola Pasar Sarinah Kecamatan Rimbo Bujang diantaranya adalah memperbaiki keadaan ruko yang terbengkalai, mengecat ulang bangunanbangunan yang sudah lama tidak digunakan dan pembangunan SDM kepada pedagang dan masyarakat sekitar akan pentingnya kebersihan dan kenyamanan Pasar Sarinah di Kecamatan Rimbo Bujang. Kondisi pasar Sarinah Kecamatan Rimbo Bujang membutuhkan pembaharuan baik dari segi pembangunan maupun dari sisi perekonomian. Upaya yang dilakukan oleh pengelola pasar dilakukan melalui upaya pembinaan, penataan dan pengawasan terhadap para pedagang di Pasar Sarinah Kecamatan Rimbo Bujang. Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo juga melakukan upaya pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana. Adapun target yang dicapai untuk meningakatkan PAD Kabupaten Tebo baru mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Hermanto Harun (I) Abdul Razak (II
Keywords / Katakunci: penataan pasar; kebijakan daerah;pasar; pendapatan asli daerah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:23
Last Modified: 31 Oct 2019 03:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item