PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITURRAHIM KOTA JAMBI

NURMALINDA HASAN, TP 151435 and Armida, Armida and Muhammad, Habib (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITURRAHIM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITURRAHIM KOTA JAMBI)
NURMALINDA HASAN-TP 151435 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Baiturrahim Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperative tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Baiturrahim Kota Jambi dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperative tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilakukan dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Baiturrahim Kota Jambi tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yakni diskusi dan tes formatif dengan menggunakan soal, lembar observasi siswa dan guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif yang meningkat dibandingkan pra siklus dan juga tercapainya nilai siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sangat efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di SMP Baiturrahim Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran Kooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 03 May 2020 02:57
Last Modified: 03 May 2020 02:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item View Item