IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAHAN SWASTA AN NIZHOM KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

VINO PUTRA HADIYANI, TPG. 162675 and Ahmad, Saidah and Mukminin, Amirul (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAHAN SWASTA AN NIZHOM KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAHAN SWASTA AN NIZHOM KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI)
VINO PUTRA HADIYANI-TPG. 162675 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membehas tentang implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta An Nizhom Kota Jambi. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan dan mengembangkan karakter luhur kepada anak didik, sehingga mereka memiliki karakter luhur, menerapkan dan memparktikan dalam kehidupanya baik di keluarga, masyarakat dan negara. Penanaman nilai-nilai karakter untuk peserta didik disekolah dilakukan secara terstruktur dengan baik. Penanaman pendidikan karakter ini dilakukan melalui berbagai cara salah satunya melalui kegiatan belajar mengajar dan juga bisa diterpakan diluar jam mata pelajaran sekolah yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta An Nizhom Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta An Nizhom Kota Jambi, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitiana ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka sudah cukup baik, pendidikan karakter yang diterapkan yaitu karakter religius dan disiplin oleh pembina pramuka pada saat kegiatan rutin pramuka. Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Swasta An Nizom Kota Jambi juga menggunakan model suasana yang menyenangkan dan model belajar dalam berkolompok dimana anak-anak tersebut diarahakan untuk dapat bersosialisasi dan membaur dengan teman sebayanya. Dengan demikian anak-anak dapat membentuk karakternya melalui arahan pembina dan karakter yang diterapkan yaitu karakter religius, displin dan cinta tanah air. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ada kendala yaitu waktu kegiatan ekstrakurikuler pramuka dekat dengan jam waktu pulang sekolah, sehingga peserta didik tidak bisa istirahat, ajakan membolos teman sebaya agar tidak mengikuti kegiatan pramuka, siswa kurang aktif dalam kegiatan pramuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendidikan Karakter, Eksrakurikuler Pramuka
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.35 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 01 May 2020 16:05
Last Modified: 01 May 2020 16:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item