PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI

UMI KURNIA FAJRI, TM. 151301 and Rusmini, Rusmini and Walid, Abul (2019) PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI)
UMI KURNIA FAJRI - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, (2) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi, (3) mengetahui pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental – Pretest-Postest Control Grup Desain.Sampel penelitan ini adalah siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) instrumen motivasi belajar siswa berupa angket (pretest dan postest), (2) instrumen hasil belajar siswa berupa soal pretest dan postest. Selama penelitian ini diadakan kuis sebanyak 3 kali, dikerjakan secara individu dalam waktu 10-15 menit. Data angket siswa dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji thotelling dan ttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari perbedaan rata-rata skor motivasi dan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu diperoleh nilai Fhitung = 17,12 > Ftabel = 3,20, (2) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilaito = 4,35 lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5%= 2,02 ataupun 1% = 2,69), (3) Ada pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilaito = 4,61 lebih besar darittabel (baik pada taraf signifikan 5%= 2,02 ataupun 1% = 2,69). Hasil dari penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan pemberian kuis dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pemberian kuis, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 01 May 2020 14:47
Last Modified: 01 May 2020 14:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item