IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI TERHADAP PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA SENANING KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANGHARI)

Isnaini, and Ramlah, and Masnidar, (2018) IMPLEMENTASI UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI TERHADAP PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA SENANING KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANGHARI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SPI141838 Isnaini Hukum Tata Negara - IIS IS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengawasaan pengelolaan dana desa oleh badan permusyawaratan desa dan mengetahui peran dan kedudukan masyarakat dalam pengawasaan pengelolaan dana desa di desa senaning. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat yuridis normatife dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kitab Undang-undang yang berlaku. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut:Pertama, mekanisme pengawasaan dana desa oleh Badan Permusyawaratan Desa dilakukan dengan baik dan dipergunakan sesuai kepentingan orang banyak yang telah disepakati dalam Musdes dan Musrenbang Desa, Dana Desa di Desa Senaning diawasi berdasarkan asas-asas transparan, akutabel, partisipasi serta dilakukan dengan tertib dan disiplin. Pengawasaan yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Senaning sepenuhnya sudah berjalan dengan baik dan terealisasikan sesuai dengan peraturan-peraturan yang ditentukan Melalui pengawasaan ini diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakaan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Keduaperan masyarakat dalam pengawasaan pengelolaan Dana Desa di Desa Senaning sangatlah penting dalam pemerintahan Desa dan dalam Pengawasaan pengelolaan dana desa, masyarakat wajib mengawasi pembangunan desa.Ketiga, rendahnya kualitas sumber daya manusia seperti aparat pemerintahan desa senaning belum memiliki cukup pengetahuan dibidangnya masing-masing, dan sulit melakukan keterampilan yang baik dalam mengoperasionalkan kegiatan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Ramlah (I); Masnidar (II)
Keywords / Katakunci: pengelolaan dana desa, hukum tata negara
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 22 Aug 2019 05:47
Last Modified: 31 Oct 2019 04:00
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item