PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL FALAH KOTA JAMBI

SHELA OCTARIA, TF. 130994 and AR, Nasrun and Isnaini, Vandri Muhammad (2019) PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING MENGGUNAKAN PhET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL FALAH KOTA JAMBI)
BOOKMARK_SKRIPSI_SHELA(1)[1] - Shela Octaria.pdf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inquiry Terbimbing Menggunakan PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry terbimbing, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran menggunakan LKS berbasis Inquiry terbimbing dengan menggunakan media PhET berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas xii di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah Kota Jambi. Hasil nilai rata-rata ulangan pada prasiklus yang didapat dari guru mata pelajaran yaitu 54. Dari analisa data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen didapatkan pada siklus I nilai rata-rata yang dihasilkan sebesar 72 dengan siswa yang tuntas sebesar 69% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam kategori Aktif. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78 dengan siswa yang tuntas sebanyak 85% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan walaupun masih berada dikategori aktif. Pada siklus lanjutan (siklus III) nilai rata-rata yang dihasilkan meningkat kembali menjadi 80 dengan siswa yang tuntas sebesar 92% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajran menjadi Sangat Aktif. Yang membuktikan bahwa media pembelajaran menggunakan LKS berbasis Inquiry terbimbing dengan menggunakan media PhET memberi efek yang besar terhadap hasil belajar Fisika siswa dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Kota Jambi. Hasil Penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Inquiry terbimbing dengan media pembelajaran berupa media PhET dalam kegiatan pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran, LKS, Inquiry Terbimbing, PhET, Hasil Belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 30 Apr 2020 15:38
Last Modified: 30 Apr 2020 15:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item