PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

FITRI YANI, TB. 150964 and Yamin, Martinis and ZB, Aminah (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
BOOKMARK SKRIPSI FITRI YANI(TB150964) - fitri yani.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Metode pembelajaran Guided Note Taking (GNT) merupakan salah satu metode pembelajaran aktif. Metode Guided Note Taking (GNT) dikembangkan agar metode ceramah yang dibawakan guru mendapat perhatian siswa. Metode ini diawali dengan memberikan bahan ajar berupa handout dari materi ajar yang disampaikan dengan metode ceramah kepada peserta didik. Tujuan penelitian yaitu membuktikan pengaruh metode pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Desain yang diterapkan dipenelitian ini adalah Nonequevalent control group design. Sampel penelitian diperoleh menggunakan purposive sampling. Untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah perlakuan digunakan tes berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir soal. Hasil data belajar siswa yang diperoleh melalui tes dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2.00 < 3.74 > 2.65), dapat diartikan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Saran untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa, guru harus melakukan inovasi pembelajran dan menerapkan metode pembelajaran yang aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode, guided note taking, hasil belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 30 Apr 2020 14:56
Last Modified: 30 Apr 2020 14:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item