PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN.9/IX DESA KOTA KARANG KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

AYU YOLANDA, TPG. 141082 and Muhsinin, Umil and Mukminin, Amirul (2019) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN.9/IX DESA KOTA KARANG KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV SDN.9/IX DESA KOTA KARANG KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI)
AYU YOLANDA_TPG141082 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika penerapan kurikulum 2013 di SDN. 9/IX Desa Kota Karang. Fokus dari penelitian ini yaitu pada aspek problematika yang dihadapi oleh guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 di kelas IV SDN. 9/IX Desa Kota Karang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diambil dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengetahui problematika penerapan kurikulum 2013 di kelas IV. Hasil dari data menunjukkan bahwa Penerapan kurikulum 2013 di SDN. 9/IX Desa Kota Karang sudah cukup baik. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan seperti buku yang terkadang telat datang, serta kurangnya kegiatan pelatihan tentang kurikulum 2013 yang mengakibatkan kurangnya pemahaman guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 tersebut. Problematika dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman guru dalam menganalisis KD dari beberapa mata pelajaran yang sesuai dengan buku siswa, sulit menyusun RPP, sulit menentukan cakupan materi pada setiap KD mata pelajaran sehingga guru harus mencari tambahan materi dari sumber lainnya, dan sulit menyiapkan media yang menarik dan sesuai dengan materi yang ada. Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu sulit dalam mengatur keadaan kelas dan proses pembelajaran dikarenakan jumlah siswa yang cukup banyak, guru belum menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dan sulit dalam memanajemen waktu, sehingga saat waktu sudah habis, tetapi materi yang disampaikan belum selesai. Problematika dalam evaluasi yaitu guru kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik, karena cukup rumit. Kurangnya kemampuan guru dalam bidang komputer yang menyebabkan guru sulit mengisi hasil akhir siswa pada buku raport. Dan guru juga mengalami kesulitan dalam membuat soal, karena harus memilah-milah soal sesuai dengan KD atau mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: problematika, kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 30 Apr 2020 13:26
Last Modified: 30 Apr 2020 13:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item