EFEKTIVITAS LELANG JABATAN DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS PUBLIK OLEH PEMERINTAH DI KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2018 BERDASARKAN UU NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR NEGARA SIPIL NEGARA

Laksana, Sukria and Harun, Hermanto and Masburiyah, (2018) EFEKTIVITAS LELANG JABATAN DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS PUBLIK OLEH PEMERINTAH DI KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2018 BERDASARKAN UU NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR NEGARA SIPIL NEGARA. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SPI152235_SUKRIA LAKSANA_Hukum Tata Negara - sukria laksana.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas tentang Efektifitas Lelang Jabatan dalam Meningkatkan Akuntabilitas Publik Oleh Pemerintah di Kabupaten Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait judul serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dan kesimpulan Pelaksanaan Lelang Jabatan/Mekanisme Lelang Jabatan Di Kabupaten Muaro Jambi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 Dalam pasal 113-114 pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dilakukan melalui tahapan a) Perencanaan. Perencanaan pengisian JPT meliputi Penentuan JPT yang di isi , pembentukan panitia yang diseleksi, penyusunan dan penetapan jadwal yang tahapan pengisian JPT, penentuan metode seleksi dan penyusunan materi seleksi, serta penentuan sistem yang digunakan pada setiap tahapan pengisian JPT. b) Pengumuman Lowongan, c). Pelamaran, d). Seleksi, e). Pengumuman Hasil Seleksi dan f). Penetapan dan Pengangkatan. Lelang jabatan memang dapat meningkatkan akuntabilitas publik hal ini jelas karena sesuai dengan pasal 104 PP Nomor 11 Tahun 2017 bahwa setiap pimpinan tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan. Jadi tujuan di adakannya lelang jabatan itu sendiri adalah untuk terciptanya akuntabilitas publik maka keduanya pasti memiliki hubungan, namun untuk hal apakah sistem perekrutan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama melalui lelang jabatan dapat meningkatkan akuntabilitas publik itu sendiri tergantung apakah mekanisme dan sistem lelang jabatan itu sendiri dilakukan secara benar dan efektif?, apakah tidak terdapat kecurangan selama proses pelaksanaan lelang jabatan tadi. Jika iya maka efektivitas pelaksanaan lelang jabatan dapat meningkatkan akuntabilitas publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Hermanto Harun, Lc, M.HI, Ph.D (I); Masburiyah, M.HI (II)
Keywords / Katakunci: lelang jabatan, hukum tata negara, aparatur sipil negara
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:35
Last Modified: 31 Oct 2019 04:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item