Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi Berdasarkan Standar International Federation of Library Associations and Institution

TUTI HANDAYANI, IPT.150477 and Huda, Syamsul and Haqq, Athiatul (2019) Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi Berdasarkan Standar International Federation of Library Associations and Institution. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi Berdasarkan Standar International Federation of Library Associations and Institution)
IPT150477_IPT.150477_Ilmu Perpustakaan - Tutihan Dayani.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Literasi Informasi Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI di Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Mauro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi dalam mengakses informasi dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kejuruan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi dalam mengevaluasi informasi serta untuk mengetahui kemampuan Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas dalam menggunakan informasi yang telah diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan kejuruan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan sampel yang berjumlah 7 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa Siswa Kejuruan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi, cenderung lebih aktif dalam proses belajar jika dibandingkan dengan Siswa Kejuruan Ilmu Pengetahuan Sosial, namun mereka sama-sama memiliki kemampuan yang baik dan kelemahan dalam keilmuan literasi informasi, kemampuan yang baik itu meliputi, kemampuan dalam mengakses informasi dan mengevaluasi informasi. Kelemahannya ini terletak pada kemampuan dalam pengunaan informasi dimana mereka kurang memahami tentang penggunaan standar penulisan informasi yang sesuai dengan kaidah penulisan. Dalam hal ini, perlu adanya pengembangan pemahaman konsep dan kemampuan literasinya untuk menunjang eksistensi kejuruan mereka yang dapat dikategorikan siswa yang aktif di sekolah dalam masa pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Literasi Informasi, Siswa
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 15:35
Last Modified: 01 Jul 2020 15:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item