PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST ASSESSMENT, dan SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM

SHIDRATUL MA’ARIFAH, TB.140518 and Idris, Ilyas and Suraida, Suraida (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST ASSESSMENT, dan SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST ASSESSMENT, dan SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN ALAM)
Skripsi Shidratul Ma_Arifah - Shidratul Ma_arifah.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS pada pembelajaran IPA terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakanmodel pembelajaran ARIAS. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes dilakukan setiap akhir siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas VIII F Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muaro Jambi yang berjumlah31 orang. Dalam penerapan model pembelajaran ARIASini didapatkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Siklus I skor rata-rata siswa 69,54 dengan indeks ketuntasan 67,75% siswa. Siklus II skor rata-rata siswa 72,35 dengan indeks ketuntasan 77,41% siswa. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPA di sekolah untukmeningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran, ARIAS, hasil belajar, IPA Terpadu,PTK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 17:31
Last Modified: 01 Jul 2020 17:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item