UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA AKSES INFORMASI DIKALANGAN SMA XAVERIUS KOTA JAMBI

M ZAINUDDIN, IPT 131411 and Sayuti, Sayuti and Haqq, Athiatul (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA AKSES INFORMASI DIKALANGAN SMA XAVERIUS KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA AKSES INFORMASI DIKALANGAN SMA XAVERIUS KOTA JAMBI)
IPT131411 - M Zainuddin.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang upaya meningkatkan prestasi belajar siswamelalui pemanfaatan perpustakaan sebagai media akses informasi bagi siswa SMA Xaverius Kota Jambi, penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang didapat yaitu mengenai pemanfaatan perpustakaan sebagai media akses informasi bagi siswa yang masih terdapat kekurangan-kekurangan di perpustakaan SMA Xaverius Kota Jambi, meskipun perpustakaan ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa sebagai media akses informasi baginya masih memiliki beberapa kekurangan-kekurangan diantaranya koleksi yang tidak up to date, dan juga keadaan perpustakaan yang sangat kecil membuat siswa tidak nyaman membaca di perpustakaan hal ini dikarnakan oleh perpustakaan yang kecil dan digabung antara SMP dan SMA. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah pustakawan dan siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan kemudian untuk mengetahui keabsahan data, penulis menggunakan teknis trianggulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui perpustakaan sebagai media akses informasi sudah terlaksana dengan baik, hal ini dikarnakan oleh siswa yang selalu memanfaatkan perpustakaan sebagai media akses informasi baginya dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada khususnya tugas-tugas skolah. Akan tetapi ada beberapa kendala-kendala yang membuat siswa terganggu dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai media akses informasi ialah koleksi yang tidak up to date, perpustakaan yang kecil yang digabung antara SMP dan Sma membuat kegiatan membaca tidak maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Perpustakaan, Media Informasi
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 17:40
Last Modified: 01 Jul 2020 17:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item