PENERAPAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 LINGKUNGAN YANG BERSIH SEHAT DAN ASRI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

ROVITA SARI, TPG.151723 and Mahluddin, Mahluddin and Ikhtiati, Ikhtiati (2019) PENERAPAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 LINGKUNGAN YANG BERSIH SEHAT DAN ASRI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MEDIAWAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6LINGKUNGAN YANG BERSIH SEHAT DAN ASRI KELAS 1MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI)
Skripsi Rovita Sari. TPG.151723 - Rovita Sari.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, serta kurangnya minat siswa dalam belajar dan memperhatikan materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 lingkungan yang bersih sehat dan asridengan menerapkan Media Wayang Kartun pada kelas 1A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi pada subtema 1 lingkungan rumahku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan termasuk tes yang dilakukan setiap siklusnya yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Wayang Kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 lingkungan yang bersih sehat dan asri subtema 1 lingkungan rumahku kelas 1A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan setiap siklusnya, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 64,43 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 53% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 82,13 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 87%. Peneliti menyarankan guru dapat menerapkan Media pembelajaran Wayang Kartun dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Pembelajaran Wayang Kartun, Pembelajaran Tematik, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 17:33
Last Modified: 01 Jul 2020 17:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item