PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG MOTIVASI MASYARAKAT DESA SIMPANG SUNGAI DUREN DALAM MENGGUNAKAN VASEKTOMI DAN TUBEKTOMI SEBAGAI PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB)

Kiki Mardianti Harahap, SPM 141892 and Rahman, Fuad and Alhusni, Alhusni (2018) PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG MOTIVASI MASYARAKAT DESA SIMPANG SUNGAI DUREN DALAM MENGGUNAKAN VASEKTOMI DAN TUBEKTOMI SEBAGAI PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SPM 141892 KIKI MARDIANTI HARAHAP PERBANDINGAN MAZHAB - Kiki Mardianti H H.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pandangan Hukum Islam tentang Motivasi Masyarakat Desa Simpang Sungai Duren dalam Menggunakan Vasektomi dan Tubektomi sebagai program keluarga berencana (KB), untuk mengetahui pandangan Hukum Islam mengenai masyarakat mengenai menggunakan vasektomi dan tubektomi. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan diperoleh hasil kesimpulan sebagai berikut: pertama, kontrasepsi mantap merupakan salah satu metode kontrasepsi yang dilakukan dengan cara mengikat dan memotong saluran telur (tubektomi) dan saluran sperma (vasektomi), dengan cara ini proses reproduksi dan kehamilan akan terhindar selamanya. Kedua, yaitu vasektomi dan tubektomi dipahami sebagai KB yang terbaik karena hematnya biaya dan waktu, dan tidak ada efek samping seperti metode pil kb, suntik, IUD, dan spiral yang bisa menyebabkan kegemukan, flek wajah, perubahan hormon dan vasektomi dan tubektomi dianggap paling ampuh mencegah kehamilan. Ketiga, yaitu kurangnya pemahaman Agama terkait dengan hukum penggunaan vasektomi dan tubektomi dan kurangnya pemahaman bahwa KB itu mengatur jarak kehamilan bukan mencegah kehamilan selamanya, sehingga alasan-alasan yang disampaikan oleh pengguna sangat bertentangan dengan Al Quran kecuali jika di dalam keadaan darurat seperti seorang wanita memiliki riwayat sakit hipertensi yang mengharuskan untuk melakukan tubektomi, karena jika terjadi kehamilan akan membahayakan nyawa wanita tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Dr. Fuad Rahman, S.Ag,M.Ag (I); Al Husni, S.Ag, M.HI (II)
Keywords / Katakunci: KB, tubektomi, vasektomi, pandangan Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya
2x4 Fiqih > 2x4.8 Fiqih dari Berbagai Faham/Mazhab
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Mazhab
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:49
Last Modified: 19 Apr 2020 17:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item