MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN JAUHARUL FALAH AL-ISLAMY DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPE ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

HERDIANSYAH, IPT.131402 and Raudhoh, Raudhoh and Miliani, Masyrisal (2019) MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN JAUHARUL FALAH AL-ISLAMY DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPE ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PONDOK PESANTREN JAUHARUL FALAH AL-ISLAMY DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPE ULU KABUPATEN MUARO JAMBI)
HERDIANSYAH IPT.131402 - HERDI SAPUTRA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya manajemen perpustakaan sekolah karena manajemen perpustakaan menjadi kunci utama dalam segala aktifitas perpustakaan, seperti dalam sirkulasi pelayanan, pengembangan koleksi, dan tata kelola gedung dan lain-lain. Skripsi ini bertujuan mengetahui manajemen pelayanan perpustakaan, hambatan dan strategi Perpustakaan Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy Desa Sungai Terap Kecamatan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa layanan Curreat Awarness Perpustakaan Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy Desa Sungai Terap Kecamatan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi dilaksanakan sebagai berikut: meningkatkan pelayanan sumber-sumber informasi perpustakaan melalui pelayanan sumber informasi perpustakaan terhadap pemustaka, pelayanan perawatan sumber-sumber informasi, pelayanan pemeliharaan sumber-sumber informasi, pelayanan pengembangan sumber-sumber informasi, melakukan inventarisasi agar perpustakaan sekolah benar-benar terawat dan koleksi-koleksi bahan pustakanya dapat terjaga. Memaksimalkan pemakaian bahan pustaka, melakukan penempatan bahan serta pengawasan pustaka perpustakaan. Hambatan yang dihadapi yaitu kendala kerusakan bahan pustaka atau sumber-sumber informasi, minat pemustaka terhadap perpustakaan relatif kurang, kondisi dan layanan perpustakaan masih kurang maksimal. Strategi yang dilakukan diantaranya mengembangkan minat membaca pada siswa, menyediakan sarana dan prasarana pendukung dalam pelayanan perpustakaan, mengadakan program pembinaan pelayanan perpustakaan dan meningkatkan kemampuan profesional pustakawan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Manajemen, Pelayanan Perpustakaan dan Pengelolaan Perpustakaan
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 04 Jun 2020 16:25
Last Modified: 04 Jun 2020 16:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item