PERAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN SISTEM LAYANAN INFORMASI YANG EFEKTIF (Studi Kasus Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi)

FUTURI HANDAYANI, IPT.140360 and Rum, Muhammad and Ramayanti, Rory (2019) PERAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN SISTEM LAYANAN INFORMASI YANG EFEKTIF (Studi Kasus Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MEWUJUDKAN SISTEM LAYANAN INFORMASI YANG EFEKTIF (Studi Kasus Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi))
futuri handayani ipt.140360 bookmark - Futuri Handayani.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap peran pengelola perpustakaan dalam mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui peran pengelola perpustakaan dalam mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif; untuk mengetahui kendala pengelola perpustakaan dalam mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif di Perpustakaan Badan Pusat Statistik Privinsi jambi. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasilsebagai berikut: pertama, terdapat tiga peran pengelola perpustakaan dalam mewujukan sistem layanan informasi yang efektif, diantaranya; Memberikan Pelayanan Bimbingan kepada pemakai (user), dimana pengeola menjelaskan tata tertib perpustakaan dan juga menggunakan katalog perpustakaan dengan ramah; Memberikan Layanan Sirkulasi, dimana memberikan bantuan kepada pengguna perpustakaan sehingga pengunjung bebas memilih bahan pustaka yang diinginkan dari jajaran koleksi perpustakaan; Memberikan Layanan Referensi, dimana memberikan layanan referensi dengan memberikan penjelasan, jawaban, maupun informasi; kedua, terdapat tiga kendala dalam mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif, diantaranya: Kualitas Sumberdaya Yang Terbatas, dimana kemampuan pengelola yang masih terbatas sehingga lebih sering mengandalkan orang lain; Administrasi Yang Terkesan Lambat, dimana sistem administrasi yang terkesan lambat dikarenakan sumberdaya yang kurang memahami teknologi; dan Kurangnya Manajemen Perpustakaan, dimana pengelola masih terlambat masuk kerja dan lamu yang terkadang mati, sehingga pemustaka yang ingin memerlukan informasi pun terpaksa terhambat; ketiga terdapat dua upaya pengelola perpustakaan dalam mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif, diantaraya; Pelatihan Bagi Pengelola, dimana dengan mengikuti pelatihan dan juga studi tourdemi meningkatkan kemampuan pengelola dalam menjalankan tugas rutin yang semakin banyak dan kompleks sehingga dapat membantu memajukan perkembangan perpustakaan guna mewujudkan pelayanan yang efektif; pengaturan disiplin kerja, di mana pengelola perpustakaan dalam melaksanakan tugas sehariharinya senantiasa patuh dan taat pada visi dan misi perpustakaan sehingga pelayanan administrasi dapat terselesaikan dengan baikdan Memperbaiki Manajemen, dimana dengan melakukan perencanaan dalam pengelolaan perpustakaan guna mewujudkan sistem layanan informasi yang efektif sesuai dengan visi dan misi Perpustakaan Badan Pusat Statistik Privinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: sistem layanan informasi, pengelolaan perpustakaan
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 06 Jun 2020 14:41
Last Modified: 06 Jun 2020 14:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item