PUTRI UTAMI, SHE. 151820 and Faruk, A. and Muhammad, Fauzi (2019) MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA TOKO BUSANA MUSLIM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text (MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNISPADA TOKO BUSANA MUSLIM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM)
SKRIPSI PUTRI UTAMI NIM SHE. 151820 - Putri Utami.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik marketing syariah dalam menghadapi persaingan bsnis pada toko busana muslim menurut tinjauan fiqh muamalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview)dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: Praktik marketing syariah merupakan persaingan bisnis yang dilaksanakan oleh masyrakat Desa Sungai Rambai, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dalam praktik persaingan bisnis tersebut mayoritas masyarakat disana melakukan pemasaran yang tidak sesuai dengan apa yang telah ditetapkan syariat Islamsehingga dalam hal ini dapat merugikan para pembeli tentunya sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai syariah. Dimana dalam proses pemasaran secara syariah Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai syariah serta tidak saling merugikan satu sama lain. Maka, berdasarkan hal tersebut penulis berpendapat bahwa marketing syariah dalam menghadapi persaingan bisnis pada toko busana muslim sungai rambai belum sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis syariah, dalam hal ini terlihat jelas ketidak terbukaan penjual yang dilakukan oleh penjual terhadap pembeli, karena dalam Islam jual beliitu harus jelas dan tidak merugikan orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Marketing Syariah |
Subjects: | 2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Saham dan Lelang) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Usman Fahmi M.Pd.I |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 17:20 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 17:20 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |