PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 DESA SARI MULYA KECAMATAN RIMBO ILIR KABUPATEN TEBO

YANTI ENI S SAPUTRI, TP. 151483 and Aziz, Nur Azmi and Hasanah, Dewi (2019) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 DESA SARI MULYA KECAMATAN RIMBO ILIR KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 DESA SARI MULYA KECAMATAN RIMBO ILIR KABUPATEN TEBO)
TP. 151483_YANTI ENI S SAPUTRI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - win aramico.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan perolehan nilai siswa menerangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI masih cukup rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan tindakan perbaikan yang harus secara cepat dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sekaligus menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di lokasi tersebut. Bertujuan ingin mengetahui penggunaan model Cooperative Learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Desa Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan pengumpulan data menggunakan teknik lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi, melalui tindakan pada siklus I dan siklus II dengan hasil: Meningkatnya persentase hasil belajar siswa, pada kondisi awal siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal ada 9 siswa (30%), pada siklus I sebanyak 17 siswa (56,6%), kemudian hasil belajar tersebut meningkat pada siklus II sebanyak 25 siswa (83,3%). Bahwasanya model ini disumbangkan bagi guru dapat menggunakan model Cooperative Learning dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan pada saat kegiatan belajar dilaksanakan. Oleh sebab itu guru harus mampu menguasai metode demonstrasi agar dapat terwujud sesuai dengan harapan. Guru harus kreatif menggunakan model Cooperative Learning dalam pembelajaran PAI dengan menyesuaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Cooperative Learning, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 28 Apr 2020 03:29
Last Modified: 28 Apr 2020 03:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item