PEMANFAATAN LIMBAH UDANG (CARIDAE.SP) DAN KULIT UMBI KAYU (MANIHOT UTILISIMA) TERHADAP KUALITAS TELUR BEBEK (ANAS MOSCHA)

Jannah, Susi Fatkul and Susanti, Try and Warti, Rini (2018) PEMANFAATAN LIMBAH UDANG (CARIDAE.SP) DAN KULIT UMBI KAYU (MANIHOT UTILISIMA) TERHADAP KUALITAS TELUR BEBEK (ANAS MOSCHA). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SUSI FATKUL JANNAH TB.140529 BOOKMARK - Irma Suryani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan limbah udang (caridae.sp) dan kulit umbi kayu (Manihot utilisma) terhadap kualitas telur bebek (Anas Moscha). Penelitian ini merupakan penelitian sains dan terapan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 3 perlakuan dan 1 kelas kontrol yang diulang sebanyak 3 kali, sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan jenis uji lanjut berupa uji BNt (Beda nyata terkecil). Jenis bebek yang digunakan adalah jenis bebek Mojosari berumur 1 tahun. Uji kualitas telur dilakukan pada hari ke 5,6, dan 7 dari setiap periode. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kualitas telur bebek (Anas Moscha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tepung limbah udang (caridae.sp) dan kulit umbi kayu (Manihot utilisma) tidak mempengaruhi kualitas telur bebek (Anas moscha), berpengaruh nyata (P<0.05) meningkatkan skor warna kuning telur tapi tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap berat telur, indeks kuning telur, indeks putih telur dan nilai Haugh Unit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan pemberian campuran limbah udang (Caridae.sp) menunjukkan pengaruh pada terhadap warna telur bebek (Anas Moscha), perlakuan pemberian campuran kulit umbi kayu (Manihot utilisma) tidak berpengaruh nyata pada kualitas telur bebek (Anas Moscha), perlakuan pemberian campuran antara limbah udang (caridae.sp) dan kulit umbi kayu (Manihot utilisma) tidak berpengaruh nyata pada kualitas telur bebek (Anas Moscha), perlakuan pemberian campuran antara limbah udang (caridae.sp) dan kulit umbi kayu (Manihot Utilisma) sebagai bahan campuran pakan bebek (Anas Moscha) tidak berpengaruh nyata terhadap kualitas telur. Hasil terbaik kualitas telur bebek (Anas Moscha) selama penelitian 7 hari yaitu warna kuning telur, perlakuan pemberian campuran pakan limbah udang (caridae. sp) dengan konsentrasi 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Try Susanti, M.Si (I); Rini Warti, M.Si (II)
Keywords / Katakunci: limbah udang (caridae.sp); kulit umbi kayu (Manihot utilisma); dan kualitas telur bebek (Anas Moscha)
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:12
Last Modified: 31 Oct 2019 04:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item