KECAKAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 KOTA JAMBI

AL-KAWAWIRI, MPA. 14.2.2216 and Fadlilah, Fadlilah and Yusuf, Yusuf (2019) KECAKAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (KECAKAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 KOTA JAMBI)
Alkawwiri Nim MPA 14.2.2216 Pascsarjana - Alkawa Wiri.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kecakapan guru Pendidikan Agama Islam mendesain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMAN 10 Kota Jambi yang masih rendah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa kecakapan guru Pendidikan Agama Islam mendesain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan guru Pendidikan Agama Islam mendesain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 10 Kota Jambi belum memperhatikan unsurunsur desain pembelajaran yaitu kebutuhan siswa dan penilaian yang menjadi landasan yang kuat dalam mendesain pembelajaran, meskipun aspek tujuan dan metode sudah desain diperhatikan guru dalam program tahunan, semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kesimpulan penelitian ini adalah kecakapan guru Pendidikan Agama Islam mendesain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMAN 10 Kota Jambi belum optimal karena guru belum memperhatikan unsur-unsur desain pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kecakapan Guru, Desain Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:36
Last Modified: 27 Apr 2020 15:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item