JUAL BELI PINANG BERKULIT MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI DI DESA SIAU DALAM KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)

Syamsudin, SHE130149 and Yusuf, Maulana and Muhammad, Fauzi (2018) JUAL BELI PINANG BERKULIT MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI DI DESA SIAU DALAM KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SYAMSUDIN SHE 130149 HUKUM EKONOMI SYARIAH bookmark - Miftahul Anwar.pdf

Download (2MB)

Abstract

SKripsi ini bertujuan untuk mengungkap tentang jual beli pinang berkulit menurut hukum Islam (Studi di Desa Siau dalam kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur). Sebagai tujuan antaranya adalah untuk mengetahui proses terjadinya praktek jual beli pinang berkulit yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Siau dalam Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan untuk mengetahui perspektif hukum Islam dalam jual beli pinang berkulit yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Siau dalam Kecamatan Muara Sabak Timur. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis ditemukan bahwa yang mempengaruhi terjadinya praktek jual beli pinang berkulit di dalam karung adalah karena petani ingin mempercepat pekerjaannya dan mudah mendapatkan uang secepatnya, sedangkan pembeli mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dalam membeli keadaan yang sudah siap dikocek. Ketidak jelasan tersebut dikarenakan pinang yang dijual tidak terlihat dengan jelas kuantitas dan kualitasnya. Namun berdasarkan pengakuan dari petani dan pembeli dalam praktek jual beli pinang berkulit di dalam karung tidak menyebabkan kerugian terhadap petani maupun pembeli. Sehingga praktik jual beli pinang berkulit dikategorikan dalam jual beli sedikit "gharar" dan ketentuannya dikembalikan kepada adat dan kebiasaan, dan diperbolehkan menurut Mazhab Imam Malik yang terdapat sedikir "gharar".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Drs. H. Maulana Yusuf, M.Ag; Fauzi Muhammad, S.Ag, M.Ag
Keywords / Katakunci: jual beli pinang berkulit, hukum Islam, praktek jual beli
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:50
Last Modified: 04 May 2020 03:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item